Rabu, 20 April 2011

Produksi Emping Menes

Menes, Pandeglang
Penduduk Menes rata-rata adalah pegawai negeri sipil, petani, dan wiraswasta.
Produk unggulan
*         Emping melinjo yang dibuat dari buah tangkil (Gnetum gnemon). Di kecamatan ini terdapat APE (Asosiasi Pengrajin Emping). Menes ditetapkan sebagai kawasan Agropolitan oleh pemerintah daerah dengan penghasilan utama emping melinjo. Di sini, diproduksi beragam emping dengan rupa-rupa rasa secara tradisional oleh penduduk setempat.
*         Kue Balok Menes, terbuat dari singkong yang memiliki rasa yang sangat khas, singkong banyak ditanam di Menes dengan produksi 2.283 Ton per tahun yang ditanam di atas lahan 233 Hektare.
*         Peternakan domba dengan produksi rata-rata 5.743 ekor per tahun.
Sejarah
Menes mempunyai banyak sejarah, banyak peninggalan-peninggalan yang terdapat di Menes dari zaman Megalitikum, zaman kesultanan hingga zaman penjajahan. Di Menes terdapat situs peninggalan zaman Megalitikum yang disebut situs Batu Go'ong Citaman, situs Batu Tulis Muruy, situs Alaswangi dan lainnya. Sedangkan pada zaman kesultanan banyak terdapat masjid-masjid yang dibuat pada zaman itu yang usianya ratusan tahun. Di Menes banyak pondok pesantren salafiah yang masih mengakar, hampir di tiap desa terdapat pondok pesantren salafiah. Bentuk peninggalan zaman Belanda adalah Kewadanan yang berdiri di pusat kecamatan yang sekarang dijadikan sebagai kantor kecamatan. Tangsi atau kantor kepolisian yang sudah dipugar, stasiun kereta api di Kampung Benteng, dan masih banyak peninggalan lainnya.
Batas wilayah


Pendidikan
Rata-rata penduduk Menes berpendidikan sampai SMA dan perguruan tinggi, di Menes sendiri terdapat berbagai lembaga pendidikan dari kelompok bermain, taman kanak-kanak, sekolah dasar, sampai perguruan tinggi di antaranya:
*         Taman Kanak-kanak = 12
*         Sekolah Dasar Negeri = 28
*         Madrasah Ibtidaiyah = 4
*         Sekolah Menengah Pertama/MTs = 11
*         Sekolah Menengah Atas/Aliyah = 13
*         Perguruan Tinggi = 4
*         Mathla'ul Anwar = di perempatan Cimanying, Desa Menes
*         Nahdlatul 'Ulama = di alun-alun timur, Desa Purwaraja
*         Nurul Amal = di samping Masjid Kadu Bangkong, Desa Purwaraja
*         Anwarul Hidayah = di Kampung Ciputri, Desa Alaswangi
*         Ahlussunah Waljama'ah = di Cimanying, Desa Menes
*         Muhammadiyah = di Kampung Kadu Logak, Desa Purwaraja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar